Cara Efektif Mengobati Masuk Angin Secara Alami

Diposting pada

mengobati masuk angin

Masuk angin merupakan sebuah penyakit yang umum diderita oleh masyarakat indonesia, saya dan anda pasti pernah mengalami jenis penyakit ini, apa lagi jika musim hujan datang, bagi kita yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan rentan terkena masuk angin.

Kita sering mengangap remeh penyakit masuk angin, padahal jika dibiarkan berlarut-larut akan berpotensi memperburuk keadaan dan bahkan tak sedikit kasus kematian yang disebabkan oleh masalah ini.

Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan yang diakibatkan oleh masuk angin, ada baiknya kita mengetahui faktor penyebab utama munculnya penyakit masuk angin sehingga memudahkan kita terhindar darinya.

Faktor penyebab masuk angin

Mengetahui faktor penyebab suatu penyakit akan memudahkan kita untuk terhindar dari penyakit tersebut, itu adalah usaha yang bisa kita lakukan agar penyakit tak mudah datang yakni dengan menghindari faktor pemicunya.

Adapun faktor yang bisa menjadi penyebab seorang terkena masuk angin telah saya rangkum dalam beberapa poin berikut ini.

  • Akibat terlalu lama di ruangan yang dingin atau ruangan ber AC
  • Karena kehujanan
  • Akibat terpapar angin yang kuat dalam waktu lama
  • Mengonsumsi jenis makan atau minuman tertentu
  • Akibat begadang dan kurang tidur
  • Kelelahan atau kecapekan
  • Karena daya tahan tubuh yang lemah

Jadi agar tubuh anda terhindar dari masalah masuk angin, selalu perhatikan kondisi tubuh dan hindari faktor pemicu yang menjadi penyebab utama seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Ciri-ciri masuk angin

Meskipun didalam ilmu medis tak dikenal istilah masuk angin, namun masyarakat indonesia pada umumnya sudah sangat familiar dan mengetahui seseorang mengalami masuk angin dengan melihat ciri-ciri atau gejala penyerta dari penyakit ini.

Demam masuk angin

Dan berikut ini beberapa gejala masuk angin yang harus anda ketahui:

  • Badan terasa tidak nyaman dan merasakan meriang atau menggigil
  • Merasakan kedinginan pada sekujur badan
  • Perut terasa kembung dan begah
  • Merasakan perut mual dan bahkan muntah
  • Kesulitan untuk mengeluarkan gas (kentut)
  • Mengalami pusing di kepala
  • Kelelahan dan otot terasa nyeri
  • Nafsu makan yang menurun drastis

Jika anda mengalami beberapa gejala seperti yang tersebut diatas, segera lakukan tindakan pengobatan masuk angin agar bisa lebih cepat teratasi karena pengobatan pada tahap gejala lebih mudah untuk diobati.

Cara mengobati masuk angin

Setelah kita mengetahui gejala yang menyertai penyakit masuk angin langkah selanjutnya adalah segera melakukan tindakan pengobatan. Sayangnya banyak dari masyarakat kita yang sering mengambil tindakan pengobatan yang salah untuk mengatasi masuk angin.

Oleh sebab itu, disini admin akan berbagi 3 metode dan cara pengobatan yang efektif untuk mengobati masuk angin secara alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

  • Mengobati masuk angin dengan bekam

Bekam atau kop merupakan metode pengobatan alami yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, terapi ini banyak digunakan dan dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit berat dan ringan, termasuk disini adalah untuk mengobati masuk angin.

Dengan melakukan penghisapan secara langsung pada titik-titik tubuh yang dibutuhkan akan mengeluarkan angin statis didalam tubuh, biasanya seorang yang mengalami masuk angin kronis akan terlihat embun yang pekat pada gelas bekam.

Manfaat bekam relaksasi

Selain itu manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari terapi bekam yang dilakukan adalah untuk merelaksasi otot-otot tubuh sehingga setelah melakukan bekam tubuh anda akan terasa lebih ringan dan segar.

Artikel tentang bekam masuk angin sudah saya bahas secara rinci beserta titik-titik yang diperlukan pada artikel terdahulu, silahkan pelajari dan praktekkan sendiri dengan mengikuti step by step pada artikel tersebut.

sejauh ini, metode terapi bekam adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi masuk angin ringan maupun kronis, termasuk disini adalah untuk mengobati masuk angin duduk yang dipercaya sangat mematikan.

  • Mengatasi masuk angin dengan pijat refleksi & akupresur

Terapi pijat refleksi juga merupakan metode pengobatan klasik yang masih eksis hingga saat ini, hal itu karena metode ini terbukti mampu memberikan efek positif untuk mengobati berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah, aman dan murah.

Untuk mengobati masuk angin dengan pijat refleksi dan akupresur, dibutuhkan pengetahuan letak titik yang benar agar anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari terapi pijat refleksi yang anda lakukan.

Anda bisa pelajari letak titik refleksi masuk angin dan cara melakukan terapi lengkap pada artikel saya yang lalu, silahkan pelajari dan lakukan terapi seuai petunjuk yang sudah saya jelaskan pada artikel tersebut.

Refleksi masuk angin

 

Setelah anda selesai melakukan terapi pijat refleksi, angin statis yang ada ditubuh anda akan dikeluarkan melalui sendawa dan melalui dubur saat buang gas atau kentut. Dengan keluarnya angin yang tak diundang tersebut maka masuk angin anda akan berangsur sembuh.

Kelebihan dari metode pengobatan pijat refleksi ini adalah terapi bisa langsung anda lakukan untuk mengobati masuk angin, meskipun tanpa menggunakan alat bantu, cukup gunakan jari anda untuk melakukan pemijatan sederhana pada titik pijat yang dibutuhkan.

  • Sembuhkan masuk angin dengan ramuan herbal

Selain dengan menggunakan 2 metode pengobatan diatas, ada satu lagi cara mengobati masuk angin secara alami, yakni dengan mengonsumsi ramuan herbal tradisional yang mudah diperoleh di sekitar anda.

Ramuan herbal sudah digunakan masyarakan kita sejak zaman dahulu kala, termasuk untuk mengobati masuk angin dan memulihkan kondisi tubuh. Selain mudah dan murah, obat tradisional juga sangat aman untuk dikonsumsi dengan khasiat yang luar biasa.

Obat herbal atasi masuk angin

Ramuan herbal masuk angin

Untuk mengobati masuk angin dengan cepat menggunakan ramuan herbal, dibutuhkan beberapa bahan obat sebagai berikut:

  • 5 butir kapulaga
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sendok makan biji adas
  • 1 jari jahe
  • 1 sendok madu

Cara membuat ramuan masuk angin

  • Geprek jahe kemudian masukkan kedalam panci beserta bahan lainnya kecuali madu
  • Campur dengan dengan sekitar 400 cc air bersih
  • Rebus ramuan sampai mendidih
  • Setelah itu saring dan masukkan kedalam gelas
  • Campurkan 1 sendok madu kemudian aduk
  • Minumlah selagi masih hangat

Untuk mengobati masuk angin yang ringan, biasanya cukup sekali konsumsi obat herbal tersebut anda akan merasakan kondisi tubuh yang membaik dan berangsur-angsur masuk angin akan sembuh.

Namun untuk masuk angin kronis, dibutuhkan tak cukup sekali kansumsi ramuan tersebut. Anda bisa minum obat ramuan tersebut 3 kali sehari sampai masuk angin benar-benar pergi.

Sebenarnya untuk mempercepat proses penyembuhan untuk mengatasimasuk angin ini, anda bisa menggabungkan ke tiga metode pengobatan tersebut. Jadi anda bisa mulai melakukan terapi bekam kemudian melakukan pijat refleksi yang di imbangi dengan mengonsumsi ramuan herbal.

Agar masuk angin tidak mudah menyerang, selalu perhatikan kondisi tubuh anda, jaga kesehatan dan jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar kualitas kehidupan anda meningkat.

Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa menjadi solusi sehat alami untuk mengobati masuk angin yang anda derita. Saran dan kritik yang membangun tetap saya harapkan untuk kemajuan website ini. Termimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *