Cara Mengobati Bronkitis Paling Efektif Secara Alami

Diposting pada

Cara mengobati bronkitis

Bronkitis merupakan sebuah peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan mikro organisme yang bersarang di saluran paru-paru utama atau bronkus sehingga menyebabkan infeksi.

Meskipun penyakit bronkitis biasanya bersifat ringan, namun pada penderita yang memiliki kondisi dan riwayat penyakit tertentu seperti pada penderita penyakit jantung dan usia yang sudah lanjut, bronkitis bisa menjadi ancaman yang serius.

Penyebab penyakit bronkitis

Setiap penyakit pasti memiliki penyebab dan pemicu tak terkecuali dengan penyakit bronkitis. Mengetahui dan memahami penyebab suatu penyakit akan sangat membantu kita untuk terhindar dari jenis penyakit tersebut. Dan berikut ini beberapa penyebab seseorang bisa terkena penyakit bronkitis.

  • Kebiasaan merokok yang menyebabkan paru-paru lebih rentan terkena infeksi
  • Debu yang terhirup dan membuat iritasi pada dinding bronkus
  • Karena penyakit sinusitis kronis
  • Alergi
  • Polusi udara
  • Kurang peduli terhadap kesehatan paru-paru

Penyakit bronkitis bisa menimpa siapa saja tak perduli jenis kelamin dan usia. Namun begitu penyakit ini lebih sering diderita oleh golongan usia diatas 40 tahun dan tak menutup kemungkinan juga bisa menimpa anda yang masih berusia muda bahkan anak-anak.

Ciri-Ciri Bronkitis

Ciri-ciri penyakit bronkitis

Setiap penyakit biasanya memiliki ciri-ciri tertentu atau gejala penyerta yang bisa kita ketahui sebagai tanda suatu penyakit tertentu. Termasuk penyakit bronkitis yang memiliki gejala sebagai berikut.

  • Gejala utama biasanya penderita akan mengalami batuk kering
  • Adakalanya batuk disertai lendir yang berwarna abu-abu atau hijau
  • Mengalami sesak nafas
  • Biasanya mengalami sakit pada tenggorokan
  • Penderita akan mengalami demam ringan
  • Hidung tersumbat
  • Mengalami rasa nyeri dan sakit di dada
  • Badan akan terasa mudah lelah

Mengenali gejala penyerta penyakit bronkitis akan memudahkan kita untuk mengetahui sejak dini serangan penyakit tersebut. Untuk selanjutnya bisa dilakukan tindakan pengobatan yang tepat sebelum penyakit semakin parah dan susah untuk disembuhkan.

Cara mengobati bronkitis

Setelah anda mengetahui gejala bronkitis pada orang disekitar atau bahkan anda sendiri, segera lakukan tindakan pengobatan yang akan mempercepat penyembuhan pada penyakit yang dialami,.

Disini admin akan share cara mengobati bronkitis dengan terapi pijat refleksi dan beberapa tips kesehatan yang akan mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan dari penyakit tersebut.

Pijat refleksi bronkitis

Terapi pijat refleksi dan akupresur merupakan metode pengobatan tiongkok kuno yang sudah dikenal di penjuru dunia, metode pengobatan ini memiliki manfaat yang luarbiasa untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit.

Salahsatu penyakit yang bisa diobati dengan pijat refleksi adalah bronkitis, terapi refleksi akan sangat efektif digunakan untuk mengobati bronkitis pada tahap gejala dan mampu membantu proses penyembuhan pada bronkitis kronis.

Untuk melakukan terapi refleksi bronkitis, dibutuhkan pengetahuan letak titik refleksi yang dibutuhkan untuk dilakukan terapi pemijatan diatasnya. Dan berikut ini gambar titik refleksi bronkitis yang bisa anda pelajari.Titik refleksi bronkitis

Pada dasarnya titik refleksi untuk penyakit bronkitis memiliki kesamaan dengan letak titik refleksi paru-paru basah yang sudah saya share pada artikel terdahulu.

Terapi refleksi bronkitis

Setelah anda memahami letak titik refleksi dan akupresur untuk mengobati bronkitis, saatnya melakukan terapi pengobatan dengan melakukan pemijatan pada titik-titik tersebut minimal 3 menit pada setiap titiknya.

Untuk tahap awal pengobatan bronkitis, silahkan lakukan terapi pijat refleksi setiap hari 3 kali selama 3 hari berturut-turut, selanjutnya terapi bisa dilanjutkan setiap hari minimal 1 kali.

Setelah selesai melakukan terapi refleksi, sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih minimal 500 ml untuk mempercepat proses detoksifikasi dari suatu penyakit.

Cara alami mengobati bronkitis

Untuk mengobati dan mempercepat proses penyembuhan, selain dengan melakukan terapi pijat refleksi yang sudah saya terangkan diatas, ada beberapa tips dan obat alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

  • Mengonsumsi buah nanas

Buah nanas kaya akan kandungan bromelain yang sangat efektif untuk mengurangi dan mengobati peradangan didalam tubuh termasuk paru-paru. Buah ini juga efektif untuk meredakan batuk berdahak pada penderita bronkitis.

  • Minum air jahe

Meminum air rebusan jahe akan menenangkan saluran pernafasan yang mengalami peradangan dan berfungsi sebagai ekspektoran untuk mengeluarkan lendir dan dahak di paru-paru anda. Disarankan untuk penderita bronkitis untuk minum air jahe hangat 2 cangkir sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Minum campuran lemon plus madu

Ini merupakan obat tradisional alami yang efektif untuk mengobati bronkitis, madu memiliki sifat sebagai anti bakteri yang akan membasmi virus pada saluran pernafasan dan lemon memiliki sifat sebagai ekspektoran yang akan menghalau zat asing didalam tubuh.

Obat herbal bronkitis

Gabungan atau campuran antara madu dan lemon akan sangat membantu proses penyembuhan pada penderita penyakit tipe infeksi seperti bronkitis yang disebabkan oleh virus dan mikroba.

  • Banyak minum air putih

Air putih merupakan jenis minuman yang paling disarankan untuk banyak mengonsumsinya baik untuk orang sehat apa lagi bagi anda yang sedang menderita suatu penyakit tertentu.

Dengan banyak mengonsusmsi air putih akan membantu mencairkan lendir dan dahak di saluran bronkus sehingga akan mudah dikeluarkan. Sebaliknya kekurangan cairan akan membuat lendir akan semakin mengental di saluran pernafasan sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Kesimpulan

Gabungan antara kedua metode pengobatan tersebut yakni terapi pijat refleksi dan obat herbal yang sudah saya jelaskan di atas akan menjadi obat yang mujarap untuk mengobati bronkitis yang anda alami.

Selain dengan metode pengobatan tersebut. Untuk penderita penyakit bronkitis sangat disarankan untuk menjalani pola hidup sehat serta cukup istirahat atau tidur yang berkualitas.

Mengapa demikian?… Karena pengobatan yang paling mendasar untuk segala macam penyakit adalah istirahat dan tidur yang cukup, hal itu disebabkan karena orang yang cukup tidur akan lebih memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Menurut penelitian para ahli, seorang yang kurang tidur lebih rentan dengan serangan virus dan mudah sakit dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Demikian artikel tentang cara mengobati bronkitis secara alami yang bisa saya share pada kesempatan hari ini. Semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkan solusi alami untuk penyakit bronkitis yang dialami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *