Cara Alami Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Paling Efektif

Diposting pada

Usir dahak membandel

Munculnya lendir berlebihan yang menumpuk di hidung, tenggorokan dan saluran bronkus paru-paru merupakan hal yang sangat menggangu dan pastinya tak kita inginkan mengalaminya karena akan sangat menganggu aktifitas harian yang kita jalani.

Penumpukan lendir yang berada di saluran pernafasan bisa terjadi akibat dari polusi udara, asap rokok, cuaca yang tak menentu, gangguan bakteri / virus dan jamur, kondisi lingkungan tempat tinggal yang tak sehat, akibat alergi makanan atau minuman dan faktor pemicu lainnya.

Gangguan tenggorokan akibat penumpukan lendir tersebut bisa menimpa siapa saja di segala usia baik orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya gangguan ini disertai dengan batuk berdahak, flu atau pilek, kepala pusing dan badan meriang.

Tips menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami

Keberadaan lendir di tenggorokan kadangkala bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Dan untuk mengatasinya ada tips khusus yang telah admin rangkum dalam artikel ini yang bisa anda ikuti dan lakukan sendiri dirumah sebagai berikut.

  • Berkumur dengan air garam

Cara pertama dan paling mudah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan lendir di tenggorokan adalah dengan berkumur dengan segelas air hangat yang telah dengan 1 sendok teh garam. Berkumurlah di pangkal tenggorokan dengan tanpa menelannya dan lakukan sehari minimal 3 kali.

  • Melakukan terapi uap

Untuk membantu mengeluarkan lendir atau dahak di tenggorokan, anda bisa mencoba melakukan terapi uap yakni dengan menghirup uap air hangat yang sudah dicampur dengan ramuan khusus agar masuk ke saluran pernafasan dan membantu mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Cara membuat ramuan terapi uap adalah dengan menyediakan air panas didalam sebuah wadah yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih dan air rebusan jahe kemudian hirup uap yang dihasilkan oleh ramuan tersebut.

  • Minum madu plus lemon

Tips ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat minuman lemon yang dicampur dengan madu secukupnya, perpaduan antara madu dan lemon akan sangat membantu mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan dan meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Lemon plus madu

  • Konsumsi minuman jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di Indonesia dan sangat mudah untuk didapatkan. Tanaman ini juga bisa anda gunakan untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan yang anda alami.

Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan menggeprek jahe yang sudah di kupas dan di bersihkan kemudian masukkan kedalam air panas dan campurkan gula secukupnya. Konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali sehari dan rasakan manfaatnya.

Anjuran untuk mempercepat penyembuhan

Selain melakukan beberapa terapi yang sudah saya sebutkan diatas, ada beberapa anjuran yang bisa anda ikuti untuk mempercepat proses penyembuhan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perbanyak minum air putih

Dengan banyak mengonsumsi air mineral, hal itu akan menjamin kebutuhan akan cairan tubuh sehingga membantu melancarkan metabolisme serta ikut membantu mencairkan dahak yang berada di tenggorokan.

Banyak minum air putih

  • Banyak mengonsumsi buah-buahan

Banyaknya nutrisi yang terkandung didalam buah-buahan akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. Selain itu didalam buah juga terkandung zat yang diperlukan untuk membantu mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

  • Hindari tempat berpolusi tinggi

Untuk mempercepat proses pengeluaran lendir di saluran pernafasan, sebisa mungkin untuk menghindari tempat yang berpolusi tinggi, jika terpaksa harus berada di tempat tersebut, hendaknya gunakan masker untuk meminimalisir terhirupnya polusi yang akan memperparah iritasi di tenggorokan.

  • Stop merokok

Satu lagi yang perlu diperhatikan untuk menghilangkan lendir di tenggorokan adalah berhenti merokok. Hal itu karena asap rokok mampu meningkatkan resiko iritasi pada tenggorokan dan menggangu sistem pernafasan.

  • Hindari makanan / minuman penyebab iritasi tenggorokan

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari agar tak memperparah keadaan, diantaranya adalah jenis makanan dan minuman dari kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai dan produk berbahan baku kedelai lainnya. Hal itu karena protein kedelai bisa meningkatkan kekentalan lendir sehingga susah untuk dikeluarkan.

Selain itu hindari juga minuman dari produk susu hewani karena kandungan lemak yang tinggi dan berpotensi meningkatkan produksi lendir dan kekentalan dahak di tenggorokan.

Cara mengeluarkan lendir membandel di tenggorokan

Jika anda sudah melakukan beberapa tips dan anjuran untuk menghilangkan dahak di saluran pernafasan selama beberapa hari dan dirasa tak banyak membantu, kemungkinan besar dahak yang di tenggorokan anda sangat kental dan sulit untuk dicairkan sehingga tak mudah untuk dikeluarkan.

Oleh sebab itu diperlukan metode khusus yang efektif untuk mengeluarkan lendir membandel dengan cepat dan aman. Disini admin menyarankan untuk melakukan terapi gurah hidung yang mampu mengeluarkan lendir dan dahak dari saluran pernafasan secara langsung.

Gurah menghilangkan lendir di tenggorokan

Gurah merupakan metode pengoabtan alami yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama oleh suku Jawa untuk mengobati masalah gangguan pernafasan dan menjaga kesehatan saluran pernafasan secara umum.

Dengan melakukan terapi gurah, hal itu akan memaksa dahak dan lendir membandel yang berada di saluran pernafasan dari mulai saluran bronkus paru-paru, tenggorokan, saluran sinus dan hidung yang kemudian lendir akan dikeluarkan melalui mulut dan hidung.

Selain untuk membersihkan lendir di tenggorokan dengan mudah dan aman, anda juga akan mendapatkan manfaat gurah lainnya yang bisa anda rasakan untuk kesehatan dan membuat pernafasan menjadi lebih lega.

Demikian sahabat sekalian beberapa tips dan cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan saluran pernafasan secara alami dan efektif yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi saat ini. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kotak yang tersedia, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *