Cara Memijat Badan Capek Untuk Mengatasi Pegal-pegal

Diposting pada

Cara memijat badan capek

Rasa lelah bisa menimpa siapa saja tak peduli jenis kelamin dan usia, setiap kita pasti pernah merasakan yang namanya rasa capek dan pegal pada badan. Apalagi bagi anda pekerja berat yang menuntut banyak mengeluarkan tenaga saat melakukan pekerjaan sehari-hari.

Setelah beraktifitas seharian biasanya tubuh akan merasakan rasa lelah dan menuntut untuk mendapatkan jatah istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina dan kondisi tubuh agar kembali segar.

Rasa capek setelah aktifitas harian, biasanya dialami oleh anggota badan bagian belakang, dimulai dari kaki, betis hingga otot paha, pinggang sampai punggung termasuk pundak serta otot pada lengan tangan kanan dan kiri.

Selain itu persendian kaki yang meliputi pergelangan kaki dan lutut juga sering mengalami kelelahan karena merupakan tumpuan berat badan dalam melakukan berbagai aktifitas.

Biasanya rasa capek dan pegal pada seluruh badan akan terobati dengan melakukan istirahat atau tidur yang cukup pada malam hari. Namun kadang-kadang rasa capek tak cukup hanya dengan istirahat dan tidur saja.

Ada kalanya badan yang capek membutuhkan relaksasi dengan pijatan pada anggota badan yang terasa pegal agar otot dan syaraf yang tegang dapat terobati berkat terapi pijat capek yang kita lakukan.

Disini admin akan share cara memijat badan capek yang bisa anda lakukan untuk terapi relaksasi otot-otot tubuh dari ketegangan dan rasa lelah yang dialami. Cara memijat badan capek ini harus diketahui para istri untuk memijat suami yang kecapekan setelah mencari nafkah seharian dan agar lebih disayang suami.

Setelah membaca artikel ini diharapkan pembaca bisa mengetahui titik-titik tubuh yang menjadi simpul otot untuk meredakan rasa capek dan menguasai tehnik dasar cara memijat seluruh tubuh dengan benar.

Cara memijat punggung yang capek

Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami rasa lelah adalah bagian pinggang dan punggung termasuk daerah pundak. Hal itu karena otot-otot tubuh yang sering digunakan saat bekerja ada pada bagian tubuh ini.

Untuk meredakan rasa capek pada daerah punggung, cara yang paling efektif adalah dengan melakukan pemijatan atau urut pada otot punggung dengan memperhatikan titik-titik simpul otot pada daerah pinggang dan punggung yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Titik simpul otot punggung

Cara memijat Pinggang dan punggung yang benar

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari terapi pijat yang dilakukan, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar rasa capek pada bagian pinggang hingga punggung cepat teratasi. Dan berikut ini cara memijat punggung yang benar dan efektif mengatasi rasa capek.

  • Usahakan orang yang akan dipijat dalam keadaan tidur tengkurap dan rileks, lebih baik menggunakan kasur yang nyaman untuk alas tempat pemijatan.
  • Gunakan minyak urut yang anda sukai untuk melumuri punggung yang akan akan dipijat. Anda bisa membeli minyak urut yang banyak dijual di toko-toko atau menggunakan minyak urut alami yang anda buat sendiri.
  • Setelah seluruh punggung di lumuri minyak urut, sekarang mulai melakukan pengurutan yang dimulai dari otot pinggang ke atas dan memutar di bawah tulang belikat. Lakukan pengurutan berulang pada tempat yang sama agar otot pinggang terasa lebih rileks
  • Setelah pengurutan pada pinggang dirasa cukup, fokuskan pemijatan pada titik simpul otot pinggang yang seperti pada gambar diatas.
  • Selanjutnya mulai melakukan pengurutan punggung yang dimulai dari bawah tulang belikat keatas kemudian memutar di atas pundak, pengurutan dilakukan berulang dengan cara yang sama
  • Kemudian fokuskan pemijatan pada titik simpul otot pada punggung untuk merelaksasi otot yang tegang.

Pemijatan pada area pinggang sampai punggung bisa anda lakukan minimal 15 menit, pengurutan bisa langsung menggunakan kedua jempol tangan atau mengambil sebelah dulu dengan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan.

Manfaat memijat pinggang dan punggung

Ada beberapa manfaat yang bisa langsung dirasakan setelah selesai melakukan pijat tradisional pada area pinggang dan punggung sampai pundak. Diantara manfaatnya adalah sebagai berikut.

  • Merelaksasi otot pinggang dan punggung yang sedang tegang dan kaku setelah bekerja seharian
  • Meredakan sakit pinggang terutama pada otot-otot besar pinggang
  • Mengobati sakit pada urat belikat yang terasa sakit dan nyeri
  • Meringankan sakit pada punggung dan pundak
  • Memperlancar peredaran darah disekitar pinggang dan punggung
  • Mengatsi rasa pegal pada pinggang sampai punggung sehingga badan akan terasa segar kembali

Cara memijat capek pada kaki

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwasanya bagian tubuh yang rentan mengalami capek dan kelelahan adalah bagian kaki dari mulai telapak kaki, betis sampai paha termasuk disini bagian persendiannya.

Berbeda dengan pemijatan pada daerah pinggang dan punggung yang dilakukan dari bawah ke atas, pemijatan atau pengurutan untuk mengatasi capek pada kaki dimulai dari atas paha ke bawah kaki.

Ada beberapa titik simpul otot pada kaki yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari terapi pijat yang kita lakukan. Silahkan perharikan gambar titik simpul otot pada gambar dibawah ini.

Titik simpul otot di kaki

Agar rasa capek di kaki cepat terobati, ada beberapa langkah mudah yang bisa anda ikuti sebagai panduan pengurutan pada pada kaki. Dan berikut ini tips memijat capek pada kaki.

  • Posisi tubuh masih tengkurap, karena yang akan kita pijat adalah bagian kaki belakang
  • Olesi kaki dengan minyak urut secara merata dari paha sampai telapak kaki
  • Lakukan pengurutan dari paha atas ke bawah sampai belakang lutut yang bisa anda lakukan
  • Setelah pengurutan dirasa cukup kemudian fokuskan pemijatan pada simpul otot betis
  • Lanjutkan dengan melakukan pengurutan pada betis hingga tumit
  • Selanjutnya fokuskan pemijatan pada titik simpul otot di betis dan atas tumit
  • Yang terakhir lakukan pemijatan pada telapak kaki dan punggung kaki

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pemijatan pada sebelah kaki dulu setelah selesai lanjutkan pada kaki satunya lagi dengan mendahulukan kaki sebelah kanan.

Cara memijat capek pada tangan

Tangan merupakan anggota tubuh yang sangat aktif dan sering kita gunakan untuk berbagai pekerjaan. Tak heran jika kedua tangan sering mengalami pegal dan capek melakukan pekerjaan atau aktifitas harian.

Pijat tradisional merupakan salahsatu alternatif utama untuk mengatasi pegal dan capek pada tangan, melakukan pemijatan dengan benar akan merelaksasi otot tangan dan mengobati rasa capek dari lengan sampai telapak tangan.

Sebelum mulai melakukan pemijatan pada tangan, sebaiknya perhatikan dulu letak titik simpul otot yang akan membantu anda untuk mendapatkan hasil pijatan yang lebih optimal, dan berikut ini gambarnya.

Pijat capek di kaki

Setelah anda memahami titik simpul pada tangan yang diperlukan, saatnya mulai terapi pemijatan dan pengurutan tangan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Untuk pemijatan pada tangan usahakan orang yang dipijat dalam keadaan duduk untuk mempermudah pemijatan
  • Seperti biasa olesi tangan dengan minyak urut untuk memudahkan proses pemijatan
  • Pengurutan pertama dimulai dari atas lengan sampai lipatan siku secara berulang
  • Lanjutkan dengan melakukan pengurutan dari belakang siku sampai pergelangan tangan secara berulang
  • Setelah itu dilanjutkan dengan memijat telapak tangan dan punggung tangan
  • Akhiri dengan memfokuskan pijatan pada titik simpul otot yang dibutuhkan

Setelah semua proses pemijatan seluruh tubuh selesai dilakukan, anda akan merasakan tubuh kembali segar dan rileks. Terapi pijat seperti ini aman dilakukan setiap hari untuk mengobati rasa capek dan lelah.

Sebaiknya pijat untuk mengatasi capek dilakukan pada malam hari sebelum beranjak tidur, agar setelah selesai terapi pijat anda bisa langsung istirahat tidur dan bangun di pagi hari dengan badan yang lebih segar dan siap beraktifitas kembali.

Demikian artikel tentang cara memijat badan capek yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan referensi tehnik memijat seluruh badan yang benar dan aman dilakukan. Terimakasih atas kunjungan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *