Manfaat Bekam Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Hijamah dalam islam

Terapi bekam atau hijamah merupakan metode pengobatan klasik alami yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan bekam sudah ada dan digunakan untuk pengobatan sebelum Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam diutus menjadi rasul.

Kemudian dalam perkembangannya, terapi bekam menjadi salahsatu metode pengobatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah yang tertuang jelas didalam hadits bekam yang sudah saya jelaskan pada artikel terdahulu dan merupakan satu dari beberapa metode pengobatan terbaik untuk mendapatkan kesembuhan.

Meskipun saat ini dunia pengobatan sudah berkembang sedemikian pesat, namun terapi bekam masih eksis dan digunakan oleh sebagian orang untuk pengobatan dan sebagai metode untuk menjaga kesehatan dizaman modern ini.

Selain itu terapi bekam juga sangat mudah untuk dilakukan dengan biaya yang relatif murah, idealnya setiap orang bisa melakukannya dengan sedikit pelatihan dari seorang ahli. Meskipun mudah dan murah, terapi bekam terbukti efektif dan memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan secara langsung.

Manfaat bekam menurut Islam

Terapi bekam dan Islam adalah sangat erat kaitannya, hal itu terkait dengan beberapa hadits Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang sangat menganjurkan umatnya untuk berobat dengan jalan melakukan terapi bekam.

Sejarah perkembangan ilmu bekam juga sangat erat kaitannya dengan penyebaran Islam di nusantara yang dibawa oleh saudagar dari bangsa arab yang mengajarkan agama Islam kepada masyarakat Indonesia beserta metode pengobatan islami, termasuk disini adalah terapi bekam atau hijamah.

Manfaat bekam menurut islam

Setelah pada artikel terdahulu saya pernah share manfaat bekam untuk kesehatan secara umum, pada kesempatan hari ini saya akan berbagi beberapa manfaat bekam menurut Islam yang telah saya rangkum pada uraian dibawah ini:

  • Bekam untuk menguatkan hafalan

Dengan melakukan pembekaman di kepala, hal itu akan meningkatkan daya ingat dan hafalan bagi seseorang yang melakukannya, hal itu sesuai dengan hadits yang telah rasulullah sabdakan berikut ini:

” Berbekam pagi hari sebelum makan adalah yang terbaik, di dalamnya terdapat penyembuhan dan berkah, serta menambah kekuatan akal dan hafalan..” (At-Thibb,3478)

  • Bekam dikepala mencerdaskan otak

Selain itu dengan melakukan pembekaman dikepala, hal itu akan membuat peredaran darah di kepala menjadi lancar dan tentunya akan meningkatkan kinerja otak dalam berfikir karena kebutuhan otak akan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi tanpa hambatan.

” Bekam kepala dapat menguatkan hafalan, mencerdaskan, menajamkan penglihatan, mengusir sihir dan meringankan tubuh” (Hadits Shahih)

  • Bekam dapat menajamkan penglihatan

Melakukan bekam dikepala akan memberikan manfaat yang baik pada organ disekitarnya seperti untuk penglihatan mata, pendengaran telinga dan indra pengecap. Jadi bagi anda yang memiliki masalah tersebut, jangan ragu untuk melakukan terapi bekam.

  • Bekam mengusir pengaruh sihir

Salahsatu manfaat bekam menurut islam adalah untuk mengusir pengaruh sihir dari jin dan syaiton dengan melakukan pembekaman pada puncak kepala atau yang dikenal dengan titik ummu mughits.

  • Bekam untuk meringankan tubuh

Seseorang yang telah melakukan bekam basah, sesungguhnya dia telah membuang beban didalam tubuhnya. Karena sesungguhnya bekam akan mengeluarkan toksin dan darah statis yang tak diperlukan dari dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih ringan dan segar.

  • Bekam untuk penawar racun

Dahulu ketika Rasulullah melakukan penaklukan khaibar, beliau dan para sahabat disuguhi makanan daging kambing yang dibubuhi racun oleh wanita yahudi, kemudian beliau dan para sahabat memakan sebagian dan baru sadar kalau daging tersebut telah diberi racun.

Kemudian Rasulullah memerintahkan untuk melakukan bekam pada titik bekam di pundak untuk mengeluarkan racun tersebut.

Bagi kita umat Islam, melakukan terapi bekam juga berarti mengikuti perintah dan anjuran Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dimana dengan mengikuti sunnah beliau berarti ada nilai pahala didalamnya.

Jadi selain mendapatkan manfaat yang luarniasa untuk kesehatan, kita juga mendapatkan pahala karena mengikuti sunnah dari Rasulullah. Demikian artikel singkat saya tentang beberapa manfaat bekam menurut islam yang bisa saya share pada kesempatan hari ini semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *