Apa Itu Bekam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Diposting pada

Bekam basah

Bekam atau dalam bahasa arab disebut Al-Hijamah adalah sebuah pengobatan tradisional yang sudah dikenal oleh manusia sejak 200 tahun sebelum masehi. Pengobatan ini menggunakan tehnik penghisapan pada permukaan kulit dan proses penghisapan tersebut akan mengumpulkan darah kotor yang ada ditubuh kita di bawah kulit untuk kemudian dikeluarkan dengan sayatan dan penghisapan ulang pada permukaan kulit tersebut.

Secara umum bekam terbagi menjadi 2 yakni bekam kering dan bekam basah. Keduanya menggunakan tehnik penghisapan yang sama hanya perbedaannya terletak pada pengeluaran darah untuk bekam basah dan untuk bekam kering tanpa mengeluarkan darah atau hanya melakukan penghisapan pada titi-titik tertentu saja tanpa melakukan sayatan dan penghisapan ulang.

Proses pembekaman awal akan mengumpulkan darah statis yang mengandung toksin yang jika dibiarkan akan menjadi sumbatan di pembuluh darah sehingga harus dikeluarkan. Selain itu proses ini juga sebagai pembiusan lokal terhadap area yang akan dilakukan penyayatan sehingga tak akan terasa sakit saat sayatan dilakukan untuk kemudian di lakukan pembekaman ulang pada area tersebut sampai darah kotor dikeluarkan semuanya.

Manfaat Bekam Bagi kesehatan

Sudah tak diragukan lagi bahwasanya melakukan terapi bekam sangat bermanfaat bagi kesehatan, sudah banyak bukti dan testimoni yang menyatakan bahwasanya berbekam adalah metode pengobatan yang terbukti mampu mengobati banyak jenis penyakit dan aman untuk dilakukan jika dilakukan dengan cara yang benar.

Dengan dikeluarkannya darah kotor yang mengandung toksin dari tubuh kita, hal itu akan mengurangi sumbatan pada pembuluh darah di tubuh anda sehingga hal itu akan membuat peredaran darah menajdi lancar tanpa hambatan. Lancarnya peredaran darah di tubuh anda berarti anda akan terjaga kesehatannya karena organ, jaringan dan sel tubuh  akan terpenuhi nutrisi yang dibawa oleh darah keseluruh tubuh anda.

Selain itu menurut penelitian dunia pengobatan medis modern, berbekam juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar koleterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu peneliti lainnya juga membuktikan bahwasanya terapi bekam juga sangat berguna untuk menguatkan syaraf permukaan kulit, memberikan respon yang baik untuk berbagai macam penyakit seperti hipertensi, stroke, migrain, asma, alergi, dan berbagai macam penyakit lainnya termasuk untuk meningkatkan kesuburan dan kecantikan kaum wanita.

bekam dan manfaatnya

Bekam Anjuran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa Salam

Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad merupakan agama yang sempurna yang tak hanya mengajarkan tentang cara beribadah saja, namun juga mengajarkan berbagai aspek kehidupan manusia termasuk dalam berobat. Banyak hadist Rasulullah yang sudah masyur dan menganjurkan umatnya untuk berobat dengan berbekam atau Hijamah yang berarti berbekam merupakan salahsatu sunah nabi yang apabila kita lakukan akan mendatangkan pahala.

Diantara banyak hadist anjuran berbekam yang sudah sangat terkenal adalah sebagai berikut:

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Salam besabda :

الشِّفَاءُ فِيْ ثَلاَثَةٍ: شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَإِنِّيْ أَنْهَى أُمَّتِيْ عَنْ الْكَيِّ

“Kesembuhan itu berada pada tiga hal, yaitu minum madu, sayatan pisau bekam dan sundutan dengan api (kay). Sesungguhnya aku melarang ummatku (berobat) dengan kay.” (HR Bukhari)

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Salam bersabda :

إِنَّ أَمْثَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ وَالْفَصْدُ

“Sesungguhnya metode pengobatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam) dan fashdu (venesection).” (HR Bukhari – Muslim)

Berbekam Bernilai Pahala

Kita sebagai umat Islam meyakini bahwasanya ajaran dan anjuran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa Salam merupakan perintah Alloh Subhanahu Wata’ala kepada kita semua umat islam untuk berobat dengan cara berbekam. Alloh sebagai pencipta manusia adalah yang paling mengetahui obat terbaik untuk penyakit yang diderita manusia dan berbekam merupakan salahsatu cara terbaik untuk mendapatkan kesembuhan.

Sudah seharusnya kita sebagai umat nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa Salam untuk mengikuti petunjuk yang sudah pasti benar dalam berbagai aspek kehidupan kita. Berobat dengan cara berbekam adalah cara yang dianjurkan oleh nabi yang berarti ada nilai pahala didalamnya jika kita berniat melakukannya sebagai ikhtiar mendapatkan kesembuhan dengan mengikuti anjuran dan sunah nabi.

Akhirnya sebagai penutup artikel saya tentang bekam dan manfaatnya untuk kesehatan ini, saya hendak memberikan sebuah pencerahan bahwasanya kita sebagai umat Islam sudah memiliki cara berobat yang benar dan terbukti mampu mengobatai berbagai jenis penyakit dan sudah diajarkan oleh baginda nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa Salam 1400 tahun silam, sudah selayaknya kita sebagai umatnya mengikuti cara berobat yang diajarkan oleh beliau yang tentunya selain mengharapkan kesembuhan juga pahala didalamnya.

(Visited 163 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *