Penyebab Badan Cepat Lelah dan Mudah Mengantuk

Diposting pada

Badan cepat capek

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar pastinya merupakan harapan kita semua, namun ada kalanya kita mengalami tubuh yang kurang fit, cepat lelah dan mengantuk yang tentunya akan sangat mempengaruhi aktifitas harian yang sedang kita jalani.

Kondisi badan yang cepat lelah biasanya akan mengurangi produktifitas dan konsentrasi dalam melakukan pekerjaan apapun, bahkan keadaan tersebut bisa merupakan sebuah indikasi penyakit serius yang tak bisa kita remehkan dan patut kita waspadai.

Banyak hal yang menyebabkan badan cepat lelah atau capek dan biasanya juga merupakan sebuah gejala penyerta dari penyakit dan keadaan tubuh tertentu yang berakibat tubuh cepat lemas dan mudah mengantuk.

Penyebab badan cepat lelah

Sering saya singgung dalam setiap artikel di blog ini akan pentingnya mengetahui penyebab suatu penyakit untuk bisa kemudian diambil tindakan yang tepat agar penyakit tersebut bisa teratasi dengan benar.

Demikan juga keadaan tubuh yang mengalami penurunan stamina secara drastis yang berakibat pada tubuh yang lemas, malas dan mudah mengantuk. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Kurang istirahat / tidur

Kurang tidur merupakan penyebab utama dan paling sering menjadi pemicu dropnya kondisi badan kita. Sering begadang akan mengurangi jatah istirahat badan kita yang seharusnya pada malam hari bisa kita maksimalkan untuk tidur berkualitas agar tubuh bisa segar saat bangun pada pagi harinya.

Penyebab badan cepat lelah

Oleh sebab itu hindari begadang yang tak perlu, karena jika hal itu berlangsung lama dan sering dilakukan pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita kedepannya.

  • Karena Anemia

Seseorang yang mengalami kurang darah atau kekurangan zat besi didalam darah akan menyebabkan badan cepat lelah, kepala pusing, gelisah dan kurang konsentrasi.

Jika anemia yang menjadi penyebabnya, langkah yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti pada daging, makanan seafood dan perbanyak mengonsumsi jus buah yang banyak mengandung vitamin c seperti jeruk, tomat, pepaya dan lainnya.

  • Kurang asupan makanan

Kurangnya asupan makanan akan berakibat tubuh menjadi kekurangan energi yang dibutuhkan, jadi jangan karena alasan berhemat atau diet, anda mengurangi konsumsi makanan harian yang menjadi sumber energi yang membuat tubuh kita tetap berenergi.

Selain itu anda juga harus memperhatikan kecukupan gizi yang dibutuhkan tubuh anda dengan memilih jenis makanan sehat dan bergizi. Dengan pola makan yang benar dan teratur akan menjaga keseimbangan tubuh anda agar tetap sehat.

  • Akibat dehidrasi

Salah satu penyebab badan cepat capek adalah tubuh yang kekurangan cairan dan berakibat pada terganggunya keseimbangan organ tubuh secara keseluruhan. Kondisi ini akan membuat tubuh cepat lemas dan mudah mengantuk.

Untuk mengatasinya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita dengan mengonsumsi air mineral sesuai kebutuhan, setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda tergantung berat badan dan aktifitas yang dilakukan.

  • Kekurangan vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin terutama vitamin B12 akan membuat badan cepat lelah. Hal itu karena vitamin B12 sangat bermanfaat untuk menjaga aktifitas sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan vitamin tersebut akan membuat badan menjadi lemas dan kurang bertenaga, untuk mengatasinya perbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin B12 seperti daging, telur, ikan, susu sapi dan kedelai.

  • Kurang olahraga

Olahraga berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah dengan gerakan-gerakan yang teratur dan terukur. Anda yang mengalami tubuh yang cepat lelah bisa disebabkan oleh kurang melakukan olahraga.

Olahraga pagi

Luangkan waktu sebentar minimal seminggu sekali untuk melakukan olahraga ringan di rumah atau tempat lain untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh anda.

  • Akibat penyakit Serius

Sering capek dan mengantuk bisa juga merupakan salahsatu indikasi dari kondisi tubuh yang mengalami penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes dan hipertiroid.

Jika anda sering mengalami badan cepat lelah meskipun tak melakukan banyak aktifitas dan anda memiliki riwayat jenis penyakit tersebut, sebaiknya segera periksakan diri anda untuk mengetahui dan diambil tindakan selanjutnya.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, selalu perhatikan kondisi kesehatan anda dengan menerapkan gaya hidup sehat. Penyakit akan mudah datang dari mana saja dan kapan saja ketika kita mengabaikan kondisi tubuh yang seharuskan kita jaga dan rawat sebaik mungkin.

Demikian artikel singkat saya tentang beberapa penyebab badan cepat lelah dan gampang mengantuk yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi detail tentang masalah yang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *