11 Titik Refleksi Untuk Mengobati Sakit Telinga

Diposting pada

Terapi sakit telinga

Sakit telinga merupakan gangguan yang terjadi pada organ pendengaran atau telinga bagian dalam yang disebabkan oleh kotoran, infeksi, eksim yang membuat telinga mendengung atau berdenging bahkan tak jarang telinga terasa sakit berdenyut. Selain itu radang tenggorokan dan radang amandel juga bisa menyebabkan telinga menjadi sakit.

Gejala sakit telinga biasanya ditandai dengan berkurangnya pendengaran yang disebabkan oleh saluran eustachius tertutup oleh cairan di telinga bagian tengah sehingga terjadi infeksi, pembengkakan di dalam telinga juga bisa menjadi penyebab berkurangnya pendengaran sehingga telinga terasa sakit dan nyeri. Jenis penyakit ini biasa menimpa pada anak-anak balita namun tak jarang juga menimpa orang dewasa.

Jika anda mengalami gangguan pada telinga kanan atau kiri, segera lakukan pengobatan agar tak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan. Dan kabar gembira bagi anda bahwasanya disini admin akan berbagi beberapa titik pijat refleksi sakit telinga yang bisa anda gunakan untuk pertolongan pertama dan terapi sakit pada telinga yang sedang anda alami.

Baca juga: Titik refleksi untuk mengatasi sinusitis

Titik Refleksi sakit telinga

Disini saya akan share titik refleksi sakit telinga yang terletak di telapak kaki dan tangan serta beberapa titik akupresur yang merupakan syaraf langsung yang berada di sekitar telinga. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar letak titiknya di bawah ini.

Titik refleksi sakit telinga

Keterangan gambar:

  • Nomor 1 adalah titik refleksi telinga di kedua telapak kaki
  • Nomor 2 merupakan titik refleksi organ keseimbangan di kedua punggung kaki
  • Nomor 3 adalah titik refleksi telinga di telapak tangan kanan dan kiri
  • Nomor 4 adalah titik akupresur yang terletak 2 jari diatas daun telinga
  • Nomor 5 merupakan titik akupresur yang berada di daun telinga bagian bawah
  • Nomor 6, 7 dan 8 adalah titik akupresur yang terletak di depan telingan
  • Nomor 9 terletak tepat diatas tengah kepala
  • Nomor 10 dan 11 terletak di otot leher belakang

Terapi sakit telinga

Setelah anda mempelajari dan memahami letak tittik refleksi serta akupresur sakit telinga pada gambar tersebut, silahkan lanjutkan dengan melakukan pemijatan pada titik tersebut dengan tekanan sedang yang dimulai dari titik refleksi nomor 1 sampai 11. Lama pemijatan setidaknya 3 menit pada setiap titiknya yang bisa anda lakukan setiap hari.

Untuk kasus sakit telinga karena tinnitus yakni telinga terasa mendengung atau mendenging biasanya cepat teratasi dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi dan akupresur yang sudah saya sebutkan diatas. Terapi ini bisa anda kombinasikan dengan memberikan obat tetas telinga yang banyak dijual bebas di pasaran atau obat herbal yang anda miliki.

Selain untuk mengobati sakit telinga secara umum, titik refleksi dan akupresur tersebut juga bisa anda gunakan untuk terapi pijat untuk penderita telinga tuli, baik tuli pada kedua telinga maupun tuli telinga sebelah karena gangguan syaraf. Dengan terapi secara teratur InsyaAlloh penyakit anda akan berangsur-angsur sembuh dengan izin Alloh Subhanahu Wata’ala.

Demikian artikel saya tentang cara mengobati sakit pada telinga yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, Semoga dengan melakukan terapi refleksi dan akupresur ini bisa bermanfaat untuk membantu mengobati sakit telinga yang anda alami. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini jika bermanfaat, terimakasih atas kunjungan anda.

5 thoughts on “11 Titik Refleksi Untuk Mengobati Sakit Telinga

  1. Maaf ka. Telinga saya sakit mungkin karena terlalu dalam saya membersihkannya. Lalu di titik refleksi mana yang lebih baik untuk digunakan? Terimakasih

    1. semua Titik refleksi yang saya share tersebut bisa anda gunakan untuk penyembuhan sakit telinga yang anda derita. terimakasih atas kunjungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *